Rabu, 01 Agustus 2012

Pengertian domain dan hosting


Pengertian domain dan hosting
Setiap website pasti memiliki domain dan hosting, baik berupa website bisnis, jejaring sosial, toko online dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa yang dimaksud domain dan hosting.
Domain
Domain adalah sebuah alamat website yang berupa tulisan unik sebagai  jalan untuk menuju ke suatu halaman website. Kenapa dikatakan unik?, karena setiap domain yang ada di internet tidak ada yang sama persis.Bentuk domain biasanya berakhiran .com,. edu, .gov, .tv dan lain-lain tetapi yang paling banyak digunakan adalah .com, banyak situs-situs besar menggunakan domain berakhiran .com ini seperti; facebook.com, google.com, youtube.com dst.

Pemilihan domain
Pemilihan domain yang tepat sangatlah menentukan perkembangan website tersebut, sebaiknya dalam pemilihan domain pilihlah bentuk kata yang mudah ingat dan sesuai dengan tema website anda sebagai contoh; jika website bertema pakaian, sebaiknya pilih sesuai tema tersebut seperti, busanamuslim.com, toko-busana.com, pakaianku.com. Tetapi jika anda masih dalam tahap coba-coba, ada juga kok domain gratis seperti; www.dot.tk, www.co.nr, www.co.cc dan lain-lain
Hosting
Hosting merupakan tempat dimana file-file dari wesite tersebut disimpan, jadi tanpa adanya hosting websitepun tidak dapat online. Untuk bisa mendapatkannya, anda perlu menyewa hosting disalah satu perusahaan, biasanya perusahaan yang menyewakan hosting juga menyediakan domain sekaligus . Untuk biaya  sewa biasanya dibayar 1 bulan sekali, selain hosting berbayar ada juga kok yang gratis . untuk mendapatkan ya gampang-gampang susah, karena dari sekian banyaknya hosting gratis yang beredar hanya beberapa yang menyediakan fasilitas setara hosting berbayar. Salah satunya  100webspace.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar